Selamat Membaca...!!!!!!!!

Selasa, 08 Mei 2012

istilah-istilah pada jaringan komputer


ISTILAH-ISTILAH PADA JARINGAN KOMPUTER

ISTILAH PENGERTIAN
DNS (Domain Name System/Sistem Penamaan Domain) adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host maupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database) di dalam jaringan komputer, misalkan: Internet. DNS menyediakan alamat IP untuk setiap nama host dan mendata setiap server transmisi surat (mail exchange server) yang menerima surat elektronik (email) untuk setiap domain.
Encapsulation merupakan proses transmisi lalu lintas jaringan yang menggunakan satu protokol jaringan dengan mengemasnya ke dalam protokol jaringan yang lain.
Firewall atau tembok-api adalah sebuah sistem atau perangkat yang mengizinkan lalu lintas jaringan yang dianggap aman untuk melaluinya dan mencegah lalu lintas jaringan yang tidak aman. Umumnya, sebuah tembok-api diterapkan dalam sebuah mesin terdedikasi, yang berjalan pada pintu gerbang (gateway) antara jaringan lokal dan jaringan lainnya. Tembok-api umumnya juga digunakan untuk mengontrol akses terhadap siapa saja yang memiliki akses terhadap jaringan pribadi dari pihak luar. Saat ini, istilah firewall menjadi istilah lazim yang merujuk pada sistem yang mengatur komunikasi antar dua jaringan yang berbeda. Mengingat saat ini banyak perusahaan yang memiliki akses ke Internet dan juga tentu saja jaringan berbadan hukum di dalamnya, maka perlindungan terhadap modal digital perusahaan tersebut dari serangan para peretas, pemata-mata, ataupun pencuri data lainnya, menjadi hakikat.
Hub adalah sebuah perangkat jaringan komputer yang berfungsi untuk menghubungkan peralatan-peralatan dengan ethernet 10BaseT atau serat optik sehingga menjadikannya dalam satu segmen jaringan. Hub bekerja pada lapisan fisik (layer 1) pada model OSI.
IP PBX atau Internet Protocol Private Branch Exchange adalah PABX yang menggunakan teknologi IP. IP PBX adalah perangkat switching komunikasi telepon dan data berbasis teknologi Internet Protocol (IP) yang mengendalikan ekstension telepon analog (TDM) maupun ekstension IP Phone. Fungsi-fungsi yang dapat dilakukan antara lain penyambungan, pengendalian, dan pemutusan hubungan telepon; translasi protokol komunikasi; translasi media komunikasi atau transcoding; serta pengendalian perangkat-perangkat IP Teleponi seperti VoIP Gateway, Access Gateway, dan Trunk Gateway.
Mail Server merupakan perangkat lunak program yang mendistribusikan file atau informasi sebagai respons atas permintaan yang dikirim via email, juga digunakan pada bitnet untuk menyediakan layanan serupa FTP.
Model referensi jaringan terbuka OSI atau OSI Reference Model for open networking adalah sebuah model arsitektural jaringan yang dikembangkan oleh badan International Organization for Standardization (ISO) di Eropa pada tahun 1977. OSI sendiri merupakan singkatan dari Open System Interconnection. Model ini disebut juga dengan model “Model tujuh lapis OSI” (OSI seven layer model).
MRTG (the Multi Router Traffic Grapher) Adalah aplikasi yang digunakan untuk memantau beban trafik pada link jaringan. MRTG akan membuat halaman HTML yang berisi gambar GIF yang mengambarkan trafik melalui jaringan secara harian, mingguan, bulanan dan tahunan. MRTG dibuat oleh Tobias Oetiker menggunakan Perl dan C dan tersedia untuk sistim operasi UNIX dan Windows NT.
Multiprotocol Label Switching (disingkat menjadi MPLS) adalah teknologi penyampaian paket pada jaringan backbone berkecepatan tinggi. Asas kerjanya menggabungkan beberapa kelebihan dari sistem komunikasi circuit-switched dan packet-switched yang melahirkan teknologi yang lebih baik dari keduanya. Sebelumnya, paket-paket diteruskan dengan protokol routing seperti OSPF, IS-IS, BGP, atau EGP. Protokol routing berada pada lapisan network (ketiga) dalam sistem OSI, sedangkan MPLS berada di antara lapisan kedua dan ketiga. Prinsip kerja MPLS ialah menggabungkan kecepatan switching pada layer 2 dengan kemampuan routing dan skalabilitas pada layer 3. Cara kerjanya adalah dengan menyelipkan label di antara header layer 2 dan layer 3 pada paket yang diteruskan. Label dihasilkan oleh Label-Switching Router dimana bertindak sebagai penghubung jaringan MPLS dengan jaringan luar. Label berisi informasi tujuan node selanjutnya kemana paket harus dikirim. Kemudian paket diteruskan ke node berikutnya, di node ini label paket akan dilepas dan diberi label yang baru yang berisi tujuan berikutnya. Paket-paket diteruskan dalam path yang disebut LSP (Label Switching Path).
Network Address Translation atau yang lebih biasa disebut dengan NAT adalah suatu metode untuk menghubungkan lebih dari satu komputer ke jaringan internet dengan menggunakan satu alamat IP. Banyaknya penggunaan metode ini disebabkan karena ketersediaan alamat IP yang terbatas, kebutuhan akan keamanan (security), dan kemudahan serta fleksibilitas dalam administrasi jaringan.
Network hub Jenis hardware tempat kabel masuk dari banyak komputer dan data dipertukarkan serta dikirimkan ke komputer-komputer lain di jaringan. Network hub merupakan komponen yang sangat penting di jaringan Ethernet yang khas.
Network media Kumpulan hardware seperti hub, cable, dan network adapter yang Anda pakai untuk menghubungkan komputer-komputer dan device lain secara fisik untuk membuat suatu jaringan.
Outlook Express Program e-mail yang disertakan cuma-cuma di dalam Windows XP. Outlook Express memungkinkan untuk memeriksa rekening e-mail Anda secara cepat. Outlook Express juga membantu Anda mengawasi alamat dan nomor telepon rekan kerja serta teman Anda.
Packet Potongan informasi yang bisa dikirimkan secara mudah melalui jaringan atau Internet. Saat sebuah file ditransmisikan melalui jaringan, file itu dipecah menjadi packet-packet kecil dan masing-masing packet dikirimkan secara terpisah melalui jaringan. Ketika semua packet mencapai komputer tujuan, packet tersebut disusun ulang oleh komputer tujuan untuk membentuk salinan yang lengkap dari file orisinal.
Parallel Jenis komunikasi yang mentransmisikan data secara serentak melalui kawat yang dihubungkan secara paralel.
PC Card slot Pembuka di dalam kotak sebuah komputer, biasanya laptop, yang dirancang untuk menahan PC card, misalnya network adapter.
Peripheral Components Interconnect (PCI)
slotRuang di dalam sebuah komputer untuk menginstal perluasan card, misalnya network adapter. PCI slot biasanya berwarna putih.
Peripheral Hardware yang dihubungkan ke sebuah komputer, misalnya printer, scanner, joystick.
Platform for Privacy Preferences (P3P)
Standar Internet yang terbukti didesain untuk memudahkan bagi situs Web mengiklankan kebijaksanaan privasinya dan bagi para pemakai menentukan preferensi privasinya. Agar P3P bisa efektif, situs Web harus menentukan kebijaksanaan privasinya dengan memakai standar P3P dan pemakai mesti memakai browser yang kompatibel dengan P3P, misalnya Internet Explorer.
Plug and Play Fitur yang membolehkan sebuah komputer secara otomatis mendeteksi dan mengkonfigurasi device ketika dicantelkan ke komputer.Plug and Play compatibleDevice yang, ketika dicantelkan, bisa secara otomatis dikenali oleh Windows dan diaktifkan tanpa interaksi dari seorang pemakai.
Port Titik koneksi pada sebuah komputer yang datanya bisa diberikan dan diambil. Beberapa port berbentuk fisik, misalnya port yang menghubungkan suatu printer ke sebuah komputer dan beberapa port lainnya adalah virtual, misalnya port TCP/IP yang dipakai sebuah komputer untuk berkomunikasi dengan komputer-komputer lain di Internet.
Printer driver Suatu program yang dirancang untuk mengizinkan program-program lain bekerja dengan printer tertentu tanpa mempedulikan dirinya dengan spesifikasi dari bahasa internal dan hardware printer. Dengan memakai printer driver yang menangani penyewaan masing-masing printer, program bisa berkomunikasi secara sempurna dengan berbagai printer.
Privacy policy Suatu dokumen yang dipasang di situs Web yang mendeskripsikan informasi apa yang dikumpulkan situs Web tentang diri Anda dan apa rencana-rencana perusahaan yang dikerjakan dengan informasi itu.RJ-11Stopkontak modul standar yang dipakai untuk koneksi telepon.
Quality of Service disingkat dengan QoS. Kualitas Layanan. Kemampuan dari suatu jaringan untuk menyediakan pelayanan yang lebih baik kepada lalulintas jaringan tertentu. Tujuan akhir dari QoS adalah memberikan network service yang lebih baik dan terencana dengan dedicated bandwith, jitter dan latency yang terkontrol dan meningkatkan loss characteristic.
RJ-11 bisa mencapai enam pin tetapi biasanya hanya memakai empat pin.RJ-45 connectorStopkontak modul standar yang dipakai untuk jaringan Ethernet.
RJ-45 connector mempunyai delapan pin, yang kadang-kadang dinamakan position.
Router adalah sebuah alat jaringan komputer yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau Internet menuju tujuannya, melalui sebuah proses yang dikenal sebagai routing. Proses routing terjadi pada lapisan 3 (Lapisan jaringan seperti Internet Protocol) dari stack protokol tujuh-lapis OSI.
Routing adalah sebuah proses untuk meneruskan paket-paket jaringan dari satu jaringan ke jaringan lainnya melalui sebuah internetwork. Routing juga dapat merujuk kepada sebuah metode penggabungan beberapa jaringan sehingga paket-paket data dapat hinggap dari satu jaringan ke jaringan selanjutnya. Untuk melakukan hal ini, digunakanlah sebuah perangkat jaringan yang disebut sebagai router. Router-router tersebut akan menerima paket-paket yang ditujukan ke jaringan di luar jaringan yang pertama, dan akan meneruskan paket yang ia terima kepada router lainnya hingga sampai kepada tujuannya.
Scanner Device yang dipakai untuk menyalin kertas, slide, transparansi, atau media lain ke suatu format digital, yang kemudian bisa disimpan dan dimanipulasi di sebuah komputer.
Serial Jenis komunikasi yang mentransmisikan data secara berurutan, satu bit pada suatu waktu, melalui kabel tunggal. Pada umumnya komunikasi serial agak lambat dibanding komunikasi paralel.
Server adalah sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer. Server didukung dengan prosesor yang bersifat scalable dan RAM yang besar, juga dilengkapi dengan sistem operasi khusus, yang disebut sebagai sistem operasi jaringan atau network operating system. Server juga menjalankan perangkat lunak administratif yang mengontrol akses terhadap jaringan dan sumber daya yang terdapat di dalamnya, seperti halnya berkas atau alat pencetak (printer), dan memberikan akses kepada workstation anggota jaringan.
Share name Nama yang Anda berikan ke printer yang dipakai bersama-sama yang akan dilihat para pemakai lain saat mereka berhubungan ke printer di jaringan. Anda bisa mengganti share name dengan memakai tab Sharing pada kotak dialog Properties untuk printer itu.
Shared Documents folder Sebuah folder pada komputer-komputer Windows XP yang mengizinkan dokumen-dokumen dipakai bersama-sama dengan para pemakai lain dari komputer itu serta komputer-komputer lain di jaringan. Sebuah folder dengan nama ini juga dibuat pada sistem operasi Windows lainnya oleh Windows XP Network Setup Wizard.
Shared folder Sebuah folder yang dapat diakses ke komputer-komputer lain di jaringan.
SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) merupakan salah satu protokol yang umum digunakan untuk pengiriman surat elektronik di Internet. Protokol ini dipergunakan untuk mengirimkan data dari komputer pengirim surat elektronik ke server surat elektronik penerima.
Streaming Suatu metode mengirimkan isi yang di dalamnya isi diletakkan di sebuah server yang ditransmisikan melalui suatu jaringan dalam aliran yang terus-menerus, lalu dimainkan oleh software client. Misalnya, dengan streaming musik, player bisa mulai memainkan musik segera, bukan menunggu seluruh file musik di-download ke komputer.
Subnet mask adalah istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris yang mengacu kepada angka biner 32 bit yang digunakan untuk membedakan network ID dengan host ID, menunjukkan letak suatu host, apakah berada di jaringan lokal atau jaringan luar.
Switch jaringan (atau switch untuk singkatnya) adalah sebuah alat jaringan yang melakukan bridging transparan (penghubung segementasi banyak jaringan dengan forwarding berdasarkan alamat MAC). Switch jaringan dapat digunakan sebagai penghubung komputer atau router pada satu area yang terbatas, switch juga bekerja pada lapisan data link, cara kerja switch hampir sama seperti bridge, tetapi switch memiliki sejumlah port sehingga sering dinamakan multi-port bridge.
TCP/IP (singkatan dari Transmission Control Protocol/Internet Protocol) adalah standar komunikasi data yang digunakan oleh komunitas internet dalam proses tukar-menukar data dari satu komputer ke komputer lain di dalam jaringan Internet. Protokol ini tidaklah dapat berdiri sendiri, karena memang protokol ini berupa kumpulan protokol (protocol suite). Protokol ini juga merupakan protokol yang paling banyak digunakan saat ini. Data tersebut diimplementasikan dalam bentuk perangkat lunak (software) di sistem operasi. Istilah yang diberikan kepada perangkat lunak ini adalah TCP/IP stack.
Third-party cookie Cookie yang diletakkan di komputer Anda oleh situs Web selain situs Web yang sedang Anda kunjungi. Misalnya, banyak Web pages memakai isi dari sumber-sumber lain, seperti iklan, dan third-party sources ini dapat meletakkan cookie di komputer Anda. Third-party cookie mampu melewati banyak pelindung privasi yang dipasang ke cookie, yang mengakibatkannya terjadi resiko privasi yang lebih tinggi. Lihat juga first-party cookie.
Trojan horse Suatu program yang menyamar sebagai suatu file atau program yang sah dan berusaha untuk melewati pintu keamanan dan kalau tidak memperdayai para pemakai supaya membuka virus atau program jahat lainnya di komputer mereka.
Universal Plug and Play (UPnP)Forum Sekelompok perusahaan yang jumlahnya lebih dari 350 yang mendefinisikan kerangka kerja arsitektur untuk menghubungkan layanan dan device elektronik. UPnP Forum sedang membuat sejumlah standar untuk mengaktifkan konektivitas dan komunikasi di antara Windows dan alat-alat yang cerdik di rumah, kantor, dan lokasi-lokasi lain.
Unix adalah sebuah sistem operasi komputer yang dikembangkan oleh AT&T Bell Labs pada tahun 1960 dan 1970-an. UNIX didesain sebagai sistem operasi yang portable, multi-tasking dan multi-user. BSD adalah salah satu turunan (varian) Unix yang dikembangkan oleh Universitas California, Berkeley.
Unshielded Twisted Pair (UTP) Jenis pengkabelan telepon tembaga yang paling lazim yang dipakai di dalam kabel untuk membuat jaringan.
USB port Interface Plug and Play yang standar di antara sebuah komputer dan device tambahan. USB port memudahkan untuk menambahkan device ke komputer Anda tanpa harus menambahkan adapter card atau bahkan menonaktifkan komputer. Anda bisa menambahkan device, misalnya printer, joystick, mouse, keyboard, dan adapter jaringan.
Virtual LAN disingkat dengan VLAN. Di dalam switch LAN, suatu fitur yang menggunakan standar 802.1Q. Fitur pada switch LAN ini, suatu port berjalan jika jika ada yang menuju segmen yang sama. Istilah lainnya pada fitur ini adalah V Segmen atau virtual segmen. Suatu device atau user yang pertukaran informasinya cukup banyak, biasa menempatkan informasinya pada segmen yang sama. Tujuannya adalah agar membantu operasi switch LAN berjalan dengan efisien, dengan cara memelihara isi informasi dari suatu trafik dengan port yang spesifik. Konsep utama dari VLAN ini adalah dengan cara menempatkan data berdasarkan penempatan port.
Virus Suatu program kecil yang menyelinap masuk ke sebuah komputer, biasanya mengerjakan beberapa tugas yang berbelit-belit, lalu meniru serta menyebarkan dirinya sendiri ke komputer-komputer lain. Pengembangbiakan jaringan dan Internet memberikan virus suatu metode yang baru dan efektif untuk penyebaran.
Virus protection software Suatu program yang memantau virus-virus yang dikenali di sebuah komputer dan menggunakan ukuran untuk mempertahankan komputer dari virus tersebutWeb storageSebuah folder di jaringan yang di dalamnya Anda bisa menyimpan file.
Voice over Internet Protocol (juga disebut VoIP, IP Telephony, Internet telephony atau Digital Phone) adalah teknologi yang memungkinkan percakapan suara jarak jauh melalui media internet. Data suara diubah menjadi kode digital dan dialirkan melalui jaringan yang mengirimkan paket-paket data, dan bukan lewat sirkuit analog telepon biasa.
VPN merupakan suatu bentuk private internet yang melalui public network (internet), dengan menekankan pada keamanan data dan akses global melalui internet. Hubungan ini dibangun melalui suatu tunnel (terowongan) virtual antara 2 node.
Web storage merupakan layanan yang tepat untuk dipakai ketika Anda ingin bersama-sama memakai foto, musik, atau video dengan keluarga dan teman.
Wi-Fi merupakan kependekan dari Wireless Fidelity, yang memiliki pengertian yaitu sekumpulan standar yang digunakan untuk Jaringan Lokal Nirkabel (Wireless Local Area Networks – WLAN) yang didasari pada spesifikasi IEEE 802.11. Standar terbaru dari spesifikasi 802.11a atau b, seperti 802.16 g, saat ini sedang dalam penyusunan, spesifikasi terbaru tersebut menawarkan banyak peningkatan mulai dari luas cakupan yang lebih jauh hingga kecepatan transfernya.
WiMAX adalah singkatan dari Worldwide Interoperability for Microwave Access, merupakan teknologi akses nirkabel pita lebar (broadband wireless access atau disingkat BWA) yang memiliki kecepatan akses yang tinggi dengan jangkauan yang luas. WiMAX merupakan evolusi dari teknologi BWA sebelumnya dengan fitur-fitur yang lebih menarik. Disamping kecepatan data yang tinggi mampu diberikan, WiMAX juga merupakan teknologi dengan open standar. Dalam arti komunikasi perangkat WiMAX diantara beberapa vendor yang berbeda tetap dapat dilakukan (tidak proprietary). Dengan kecepatan data yang besar (sampai 70 MBps), WiMAX dapat diaplikasikan untuk koneksi broadband ‘last mile’, ataupun backhaul.
Windows Messenger Suatu layanan Windows yang membolehkan adanya komunikasi instan di antara sekelompok orang tertentu melalui Internet. Tak seperti program chat Internet, Windows Messenger hanya mengizinkan orang yang Anda inginkan sebagai bagian dari percakapan yang sedang berlangsung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar